Rabu, 14 September 2011

How To Make SUSHI

Berikut resep dan cara membuat nasi sushi :
Ukuran sauce sushi untuk 1 kg beras adalah:
Mitsukan su vinegar.  150cc
Garam.                       25 gr
Gula pasir.                  50 gr
Cara membuat sauce:
Semua bahan diaduk hingga merata sambil dipanaskan di atas air mendidih (seperti proses tim) sampai semua bahan tercampur, tidak perlu sampai mendidih.
Pengolahan nasi:
Siapkan beras jepang sebanyak 1 kg, lalu cuci dengan bersih. Lalu tiriskan dalam saringan selama 15 menit, setelah itu lalu dimasak dengan air sebanyak 1,8 liter, masak selama 45 menit. Lalu diangkat dan masukkan sauce sushi hingga merata, lalu di kipas hingga asapnya hilang dan dingin.
Pada umum nya beras yang dipilih untuk pembuatan nasi sushi roll adalah beras dari negara asal nya langsung yaitu Jepang, tentu saja dengan harga beli nya cukup mahal. Tapi untuk mengakali harga yang mahal, banyak  restoran jepang di Jakarta menggunakan beras yang berasal dari Amerika yang dikenal dengan nama beras Nisiki dengan harga beli yang lebih rendah tapi hasil yang didapat sama dengan beras yang di import dari Jepang.
Chef Koes juga memberi tips kepada kami peserta shusi roll class cara membuat nasi sushi dengan menggunakan beras lokal Indonesia yaitu dengan mencampur beras lokal dengan beras ketan. Berikut takaran dan cara membuat nya :
Bahan :
1 kg beras lokal
100 g beras ketan
Cara Membuat :
Sebelum di cuci, campur beras dan ketan dengan merata. Cuci campuran beras dan ketan sampai bersih, lalu tiriskan dalam saringan selama 15 menit, setelah itu lalu dimasak dengan air sebanyak 1,8 liter, masak selama 45 menit.  Lalu diangkat dan masukan sauce sushi hingga merata lalu dikipas hingga asapnya hilang dan dingin.
Sauce Sushi
Ada banyak jenis sauce yang biasa digunakan untuk membuat Sushi. Mulai dari sauce untuk campuran nasi sampai sauce sebagai pelengkap makan Sushi (sauce celup).
Sauce  untuk nasi
Untuk mengolah nasi sushi dibutuhkan vinegar (cuka jepang) yang beranama Mitsukan Su vinegar yang bercita rasa tawar sehingga masih perlu ditambahkan campuran garam dan gula pasir untuk menambah cita rasa yang nikmat. Namun di dunia yang serba instan ini sudah tersedia vinegar yang mempunyai cita rasa dan men spesialisasikan vinegar untuk Sushi sehingga kita tidak perlu menambahkan gula atau garam.
Sauce Celup.
Pada saat kita makan Sushi tidak lengkap rasanya jika tidak ditambahkan saus celup. Cita rasa saus celup ini cendrung asin sehingga di beberapa kedai sushi ditambahkan saus dengan cita rasa yang manis, dan bagi saya yang  mempunyai lidah Indonesia, saya selalu menambahkan bubuk cabai ke dalam  saus tersebut.
Berbeda dengan orang Jepang yang menambahkan Wasabi kedalam sauce celup. Wasabi terbuat dari akar tanaman wasabi yang berfungsi sebagai penetral racun yang ada di dalam bahan sushi yang mentah.
Campuran Sauce.
Bahan :
50 cc Mirin
50 cc Sake
100 cc kikoman cair
100 cc kikoman kental
5 cm Kombu (rumput laut)
3 gr Kotsuobusi (serutan ikan)
Cara Membuat :
Panaskan mirin dan sake, jangan sampai mendidih. Bakar campuran mirin dan sake tersebut agar alkohol nya hilang. Baru campurkan sisa bahan lain nya. Diamkan selama satu jam dan terakhir saring sisa rumput laut dan serutan ikan, agar sauce bersih dari ampas.
Menggulung Sushi
Dalam pembuatan sushi roll proses yang wajib dilakukan adalah proses penggulungannya, dari awal mengikuti course memang tekhnik menggulung yang kami tunggu-tunggu, dimulai dengan menimbang dengan perkiraan genggaman tangan untuk nasi yang kita ambil, lalu menyiapkan nori lembaran, dan meratakan nasi tersebut diatasnya, memasukan isian sushi tersebut dan terakhir menggulung dengan bantuan sudare (alat gulung dari bambu), voila sushi tergulung dengan rapih, siap untuk di potong menjadi 6 sampai 8 bagian dengan menggunakan pisau yang sangat tajam yang sudah di basahi agar tidak lengkat.
Ada tips yang di share oleh chef siang itu, dimana ketika meratakan nasi diatas nori, disisakan bagian ujungnya untuk mempermudah proses peggulunngannya. “senjata” kita untuk proses menggulung ini adalah sebaskom air untuk membasahi tangan agar tidak lengkat dan sehelai handuk basah.
Tips from Chef :
1. Semua bahan-bahan pembuatan Sushi Roll dapat di beli di supermarket Jepang yang yang ada di Jalarta
2. Untuk membeli bahan-bahan mentah pembuatan Sushi sebaik nya di beli di restoran Jepang yang mempunyai label “Sushi” yang sudah terjamin kesegaran bahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar