Sabtu, 29 Oktober 2011

e-mail Plasa.com


e-mail ( @ )
Pengertian e-mail
Elektronik mail, sering disebut e-mail atau email, merupakan metode bertukar pesan digital dari penulis untuk satu atau lebih penerima. Email modern beroperasi di Internet atau jaringan komputer lainnya. Beberapa sistem email awal yang diperlukan bahwa penulis dan penerima berdua akan online pada saat yang sama, yang sama dengan instant messaging. Sistem email hari ini didasarkan pada model toko-and-forward. Server email menerima, maju, menyampaikan dan menyimpan pesan. Baik pengguna maupun komputer mereka diharuskan untuk online secara bersamaan, mereka perlu hubungkan hanya sebentar, biasanya untuk server email, selama yang dibutuhkan untuk mengirim atau menerima pesan.
Cara dan langakah membuat e-mail
Membuat account e-mail dirasakan oleh beberapa orang memang terasa sulit, terkadang merasa canggung sampai sampai menyuruh teman, kerabat, saudara atau bahkan kepada anak yang mungkin lebih muda usianya dari kita untuk membuat e-mail tersebut. Terkadang dengan dibuatkan e-mail kita oleh orang lain ada hal-hal tidak kita sadari bahwa hal tersebut akan menjadi bumerang bagi kita sendiri, seperti kerahasian account e-mail kita tidak bisa terjaga dan lain sebagainya.
Mudah-mudahan tuntunan membuat e-mail di www.plasa.com ini menjadi tuntunan yang dapat mempermudah pemahaman membuat e-mail langkah demi langkah sampai akhirnya anda memiliki e-mail yang dijamin kerahasiannya karena anda sendiri yang telah membuat e-mail tersebut.

Langkah 1.
ketik di address box : www.plasa.com, maka tak lama akan muncul halaman plasa .com (komunitas online indonesia), kemudian Anda bisa perhatikan di bagian tengah sejajar dengan kalimat selamat datang ! ada kata Login dan Daftar. Maka langkah selanjutnya Anda klik kata Daftar.
Langkah 2.
Setelah anda meng klik kata Daftar, maka akan muncul Daftar Account PlasaCom yang memberikan informasi tentang PlasaCom dan dibagian bawahnya terdapat Form Isian Data Pribadi yang harus Anda isi sesuai dengan keadaan Anda pada saat ini.
Langkah 3.
Isi data pribadi Anda dengan jujur sesuai dengan keadaan sekarang itu yang diharapkan oleh administrator PlasaCom dimulai dari :
Nama Lengkap, Tanggal Lahir, Jenis Kelamin, Alamat, Kota, Propinsi, No. Telp, No. HP, Jenis Pekerjaan, Industri,  Bahasa yang Dikuasai, Hobi dan Interest, Alamat e-mail lain.
1
Nama lengkap (cukup jelas Anda isi dengan Nama Anda), Tangga Lahir (untuk tanggal dan bulan diisi dengan meng klik tanda arah ke bawah, dan untuk tahun, Anda ketik sesuai tahun lahir Anda), demikian pula untuk isian yang lainnya Anda isikan dengan Data keadaan Anda saat ini.
Langkah 4.
setelah Anda isikan data pribadi Anda kemudian Anda di minta untuk mengisi Form Isian Account PlasaCom (tetapi jangan lupa untuk mendrag scroll vertikal yang ada di sebelah kanan ke bawah agar tampilan form terlihat jelas), form ini yang menentukan apakah alamat e-mail yang kita inginkan bisa diterima  tidaknya oleh Administrator PlasaCom, karena selain ada ketentuan untuk membuat alamat e-mail juga alamat e-mail yang kita inginkan tersebut harus unik atau tidak ada yang menyamainya di PlasaCom.
untuk alamat e-mail tuliskan alamat yang Anda inginkan ke kolom User Id,
Contoh  : dedood_010371 atau deddy_010371 atau yang lainnya, pokoknya bersifat unik (kalau semua isian sudah Anda berikan kemudian kita daftarkan /Submit, apabila alamat e-mail kita sudah ada yang menyamai maka pendaftaran Anda akan ditolak sampai Anda menemukan alamat e-mail yang benar-benar unik)
Langkah 5.
Pada kolom isian berikutnya adalah Anda di minta mengisi Password yang berupa rangkaian kata atau rangkaian huruf dan angka yang Anda inginkan, prinsipnya makin panjang rangkaian kata akan memproteksi account e-mail anda dengan sempurna tetapi disisi lain kalau Password tersebut tidak Anda catat akan menjadi pekerjaan tambahan anda untuk membuka account e-mail tersebut. Setelah itu Anda diminta untuk mengetikkan Password yang telah Anda tentukan sekali lagi untuk konfermasi password.
Langkah 6.
Pada langkah berikutnya Anda akan diminta untuk menentukan pilihan pertanyaan dan kemudian Anda menjawabnya sesuai dengan keinginan anda pada kolom Pertanyaan apabila Anda lupa Password Anda, hal ini diharapkan apabila Anda lupa password maka anda bisa membuka account e-mail Anda dengan menjawab pertanyaan yang telah Anda tentukan.
Langkah 7.
Pada lembar Disclaimer dan Konfirmasi Anda diminta untuk memahami kesepakatan yang telah ditentukan oleh PlasaCom yang berkaitan dengan penggunaan account e-mail yang telah Anda buat, apabila Anda sepakat di bagian bawah dari kesepaktan ini, Anda di minta untuk mencentangnya di bagian kotak kecil yang telah disediakan (Saya sudah membaca dan setuju dengan apa yang tertulis pada disclaimer). Kemudian Anda di minta untuk memasukan Kode Gambar ke dalam kolom yang telah disediakan disebelah Kode Gambar.
Langkah 8.
Setelah semuanya telah Anda isi dengan ketentuan yang berlaku maka di langkah ini Anda di minta mengklik Submit untuk mendaftarkan account e-mail yanda yang barusan Anda buat. Apabila Isian disetujui oleh Administrator PlasaCom maka akan tampil lembar Selamat…, Apabila ada yang salah atau kurang lengkap Anda diminta untuk memperbaiki kesalahan tersebut…sampai isian itu disetujui oleh Adminstrator PlasaCom

2
3.Membuka email.
Untuk membuka email yang pertama kali diperhatikan adalah dimana anda mempunyai email tersebut, misalnya anda mempunyai email di plasa, maka anda harus masuk dulu di web plasa, jika anda mempunyai email di yahoo, maka anda masuk dulu di web yahoo, begitu seterusnya.
Untuk membuka email apakah ada kiriman email dari teman atau tidak silakan anda ikuti langkah sebagai berikut :
a. Buka Internet explorer lalu tuliskan alamat di address bar
www.plasa.com atau cukup menulis juga mail1.plasa.com lalu tekan enter.
b. Akan muncul web dari plasa.com, lalu anda isikan user id anda dan password anda. Lihat gambar dibawah :

Ketikan user id anda : f4uby


Klik Login
Ketikan password anda : ********
c. Klik Login dan tunggu beberapa saat hingga akan muncul kondisi seperti dibawah ini.
d. Saat ini anda telah masuk di box email anda.
e. Untuk membuka box email anda apakah ada kiriman email atau tidak silakan anda klik Kotak surat, yang kondisinya akan seperti dibawah ini.


Kondisi box email (kotak surat) yang seperti di atas menandakan anda baru mendapat 1 kiriman email. Kalau anda melihat kiriman email tersebut di atas adalah kiriman dari webmaster plasa.com, yang merupakan ucapan selamat datang dan ucapan terima kasih anda telah bergabung di plasa.com. Apabila anda telah mendapat email dari berbagai orang, maka anda dapat melihat contoh box email dibawah ini.
Untuk membuka Email silakan klik salah satu yang ada dalam lingkaran tersebut
Untuk membuka email yang telah dikirim oleh orang lain anda cukup mengklik yang mousenya berubah menjadi gambar tangan menunjuk pada list email tersebut. Misalnya anda akan membuka email yang berasal dari siswantoro yang judulnya : Apa kabar teman teman, anda klik siswantorosg lalu akan muncul apa isi dari email siswantorosg tersebut. Lihat gambar dibawah isi dari pada email yang dikirim siswantorosg.
Sensor, isi surat adalah rahasia
f. Untuk membuka email lain, silakan anda klik back pada icon bar. Ulangi kegiatan yang sama pada keterangan diatas.


4. Mengirim email.
3

Salah satu aktivitas dalam ber-email adalah mengirim email kepada seseorang yang juga mempunyai alamat email. Untuk mengirim email ikuti langkah langkah sebagai berikut :
a. Klik tulis surat pada box surat anda (lihat di sebelah kiri layar monitor email anda). Selanjutnya akan muncul gambar dibawah ini :


· Dari : adalah menunjukkan nama dan alamat email siapa pengirim.
· Kepada : merupakan alamat email yang akan dikirimi contoh :
terdamba@teacher.com
· Perihal : Judul atau inti dari email. Contoh : Rapat Koordinasi
· CC : Carbon Copy, merupakan tembusan pertama.
· BCC : Blank Carbon Copy adalah tembusan kedua yang mana nama alamat email tidak dicantumkan atau pihak penerima pertama dan pihak penerima kedua tidak mengetahui kalau ada tembusan ke dua.
· Simpan Surat Terkirim : Apabila pada field ini anda check mark (centhang), maka email anda yang anda kirimkan ke orang lain secara otomatis akan terkirim pada folder surat terkirim.
· Notifikasi Kiriman : Apabila pada field ini anda check mark maka secara otomatis layanan email di plasa.com akan memberikan keterangan apakah email yang anda kirim tersebut telah sampai ke alamat yang anda tuju atau belum.
· Field Pesan : Adalah untuk menuliskan isi pesan yang akan disampaikan kepada yang akan dikirimi.
· Kirim : Apabila seluruh aktivitas penulisan pesan dan alamat sudah terisi, maka untuk tahap akhir pengiriman email anda klik kirim.
· Buku Alamat : Jika anda bermalas malas mencari atau membuka buku catatan tentang alamat email teman/saudara anda, anda dapat menyimpan alamat email tersebut di field Buku alamat.
· Sisipan : Apabila selain anda mengirim pesan berupa text, anda juga mengirim data yang disisipkan yaitu antara lain berupa : file photo, file dari excel, word, animasi, program dan lain-lain. Biasanya kapasitas dari file yang dapat dikirim tidak lebih dari 2 Mb.

b. Dari keterangan di atas berikut ini isian pengiriman email yang telah diisi. Lihatlah gambar dibawah :


c. Klik Kirim.

Mengirim data (file file dari program lain) / attachment
Barangkali anda ingin mengirim selain pesan yang berupa teks yang anda tulis dalam field pesan, anda juga ingin mengirim data. Mengirim data yang dimaksud adalah attachment yang merupakan file dari program lain. File tersebut dapat berupa photo, file dari excel, word, correl draw dll. Untuk mengirim file ini yang perlu anda siapkan adalah mempunyai email dan ada file yang akan dikirim. Ikutilah langkah langkah sebagai berikut. Contoh dibawah ini adalah mengirim sebuah photo (picture/image) yang namanya cuakep.gif dan dikirim ke email
terdamba@teacher.com
Berikut ini langkah-langkah mengirim email dengan attachment (sisipan).




No
Aksi
Gambar
1
a. Klik Tulis Surat
b. Isikan alamat email pada field Kepada misalnya ke
terdamba@teacher.com
c. Isikan judul atau perihal surat, misalnya : photo kenangan
d. CC dan Bcc dikosongi karena hanya mengirim pada satu orang saja.

2
e. Tuliskan isi pesan pada field pesan “berikut ini saya kirimkan foto kenangan anda berdua saat masih kuliah.

3
Klik Browse

4
Muncul kotak dialog choose file
Klik file yang akan anda kirimkan bersama email. Misalnya cuakep.gif
Klik Open
No
Aksi
Gambar
5
Tampak pada field Browse
File yang disisipkan
Klik Kiri
d.
Ketik isi surat balasan.
Tekan enter 2 atau 3 kali untuk memberi kesan terpisah antara data lama dan teks balasan.
Klik Kirim, untuk mengirimkannya
Enter 2 atau 3 kalI
d. Klik field Kirim.

5 komentar: