Sabtu, 29 Oktober 2011

Hubungan Hak & Kewajiban (AGAMA)

1.     Apa hubungan antara Hak & Kewajiban
Jawaban            :
Hak dan kewajiban mempunyai hubungan yang sangat. Kewajiban dibagi atas dua macam, yaitu kewajiban sempurna yang selalu berkaitan dengan hak orang lain dan kewajiban tidak sempurna yang tidak terkait dengan hak orang lain. Kewajiban sempurna mempunyai dasar keadilan, sedangkan kewajiban tidak sempurna berdasarkan moral.

2.     Apa yang dimaksud dengan pernyataan sebagai berikut:
PELAKSANAAN HAK & KEWAJIBAN SEHARUSNYA MERUPAKAN PERWUJUDAN IMAN
Jawaban            :
Seperti yang kita ketahui bahwa Iman akan terwujud lewat sebuah perbuatan. Maka Hak dan Kewajiban juga turut dalam pengembangan iman. Yang seperti kita ketahui bahwa Hak adalah sesuatu yang dilakukan seseorang dalam bentuk perbuatan atau sebuah tindakan yang ia akan lakukan bila ia rasa itu yang terbaik dan nyaman untuknya. Lalu kewajiban adalah suatu tindakan yang wajib atau patut dilaksanakan untuk kebaikan , kepentingan ,kelancaran sebuah rencana atau demi kebaikan suatu pihak. Maka jika kita mengembangkan iman dengan Hak & Kewajiban maka kita sudah mengembangkan iman.

3.     Jelaskan bahwa HAM berlaku secara universal !
Jawaban            :
Hak Asasi Manusia yaitu suatu badan organisasi yang bertugas membela hak suatu individu yang merasa ditentang , diremehkan , diabaikan , dimanfaatkan secara tak wajar oleh individu yang lainnya. Semua orang berhak mendapat HAM. HAM itu bersifat universal karena tidak memandang dari segi manapun. Karena hak boleh dimiliki oleh semua orang secara bebas karena itu adalah sebuah tindakan yang dilakukan seseorang untuk kelangsungan hidupnya. Jika HAM itu tidak bersifat Universal kami yakin banyak sekali orang-orang yang kebanyakan memiliki kasta (kekuasaan) yang kurang yang pasti tidak akan dapat HAM. Maka HAM itu harus universal, agar dapat membela semua umat manusia tanpa memandang suku ,ras ,fisik , ekonomi dan dari segi lainnya & juga HAM untuk semua kalangan.

4.     Bagaimana pelaksanaan hak & kewajiban dalam masyarakat sekitarmu? Berilah penjelasan!
Jawaban            :
~Pelaksanaan Hak & Kewajiban yang belum baik.
~Mengapa kami mengatakan Hak & Kewajiban masih kurang karena masih ada beberapa masyarakat yang hak nya tidak dipenuhi. Mungkin kita bisa menanggap kalau menolong seseorang adalah Kewajiban namun terkadang kita tidak melaksanakannya. Ambil saja sebuah contoh yang sering terjadi di lingkungan sekitar kita misalkan bila ada seorang warga yang berbuat salah,namun demi kebaikannya,tetapi itu bersifat fatal yang dapat membuat masyarakat disekitarnya merasa tak nyaman. maka ia akan dijadikan buah bibir lalu para warga yang tidak mengerti keadaannya membenci dan tidak mau membantu bila suatu saat ia membutuhkan bantuannya. Jadi dapat kami simpulkan bahwa masih belum terlalu baik pelaksanaan Hak & Kewajiban. Ini di karenakan masih banyak warga yang belum terlalu mengerti Hak seseorang dan menentang Kewajiban yang harus dijalankan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar